Sukses Ala Robert T Kyosaki

 Robert Kiyosaki tumbuh menjadi sosok cerdas yang piawai menjalankan roda bisnisnya Sukses Ala Robert T Kyosaki
Robert T Kyosaki
Lahir di Hawaii pada 8 April 1947, Robert Kiyosaki tumbuh menjadi sosok cerdas yang piawai menjalankan roda bisnisnya. Ia memulai sepak terjangnya dalam dunia bisnis dengan mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang ritel dan t-shirt. Puncak keberhasilan Robert Kiyosaki terjadi ketika ia merintis sebuah perusahaan berjulukan Rich Dad Company, yakni sebuah perusahaan keuangan dan pendidikan bisnis multi juta dollar yang beroperasi di lebih dari 100 negara.

Cara Robert Kiyosaki kemapanan finansial .


Jangan pernah berencana menjadi karyawan selamanya


 Robert Kiyosaki tumbuh menjadi sosok cerdas yang piawai menjalankan roda bisnisnya Sukses Ala Robert T Kyosaki
Sukses Ala Robert T Kyosaki

Berbeda dengan pengusaha lainnya yang seringkali “mengharamkan” pilihan orang untuk menjadi karyawan sebelum masuk ke dunia bisnis, Robert Kiyosaki justru menghalalkan hal tersebut. Baginya secara umum insan akan melewati empat tahap ekonomi dalam kehidupannya yakni:

  • Employee (karyawan) Tahap pertama ini ialah tahap di mana seseorang bekerja untuk orang lain demi membiayai hidupnya sehari-hari. Umumnya orang yang berada dalam tahap ini ialah mereka yang gres lulus serta minim pengalaman. Sehingga untuk menciptakan suatu perjuangan selain beliau membutuhkan uang ia juga memerlukan ilmu guna merintis usahanya di masa depan.
  • Self employee (pekerja lepas) Tahap kedua ini merupakan tahap lanjutan dari tahap pertama di mana pekerja tidak lagi menggantungkan dirinya ke perusahaan, melainkan menyebabkan dirinya sebagai pekerja untuk usahanya. Biasanya beliau ialah seorang pengusaha start up yang sudah mulai masuk membangun bisnis sendiri.
  • Bussiness owner (pemilik usaha) Tahap selanjutnya dari tangga perekenomian seseorang ialah pemilik perjuangan di mana ia ialah pengusaha yang sudah mempunyai uang untuk menggaji karyawan. Ia masih bekerja tetapi bukan lagi sebagai karyawan melainkan menjadi “pemilik karyawan”.
  • Investor (penanam modal) Tahap terakhir ialah investor atau pemilik modal. Di sini Anda tidak lagi sekedar mempunyai perjuangan dan bisa mengerjakan orang, tetapi sudah bisa lepas tangan dan bisa memercayakan bisnis tersebut kepada orang lain. Artinya, Anda sanggup dengan leluasa mengerjakan hal lainnya ibarat misal: mengurus keluarga, berlibur, atau mungkin melaksanakan pekerjaan sosial.

Keempat tahap ekonomi dari Robert Kiyosaki tersebut secara singkat menjelaskan bagaimana idealnya seorang karyawan yang notabene bekerja untuk uang pada risikonya bertransformasi jadi pemilik modal yang menciptakan uang yang bekerja untuknya. Menurut Robert Kiyosaki Anda harus merubah mindset pekerja menjadi pemilik modal jikalau ingin menjadi orang kaya. Jangan habiskan hidup Anda secara serupa dengan “menghamba” kepada orang lain.

Jadilah seseorang yang cerdas mengelola keuangan

 Robert Kiyosaki tumbuh menjadi sosok cerdas yang piawai menjalankan roda bisnisnya Sukses Ala Robert T Kyosaki
Sukses Ala Robert T Kyosaki

Robert Kiyosaki selalu percaya bahwa kecerdasan finansial ialah modal mutlak jikalau ingin menjadi orang kaya. Artinya, sebesar apapun honor yang Anda punya jikalau tidak mempunyai kemampuan mengelola uang, maka hasilnya akan sama saja.
Mungkin Anda ialah seorang manager di sebuah perusahaan dengan honor mencapai puluhan juta rupiah sebulannya. Tapi pertanyaan kini:

Seberapa yakinkah Anda terhadap kelanggengan perusahaan?
Apakah Anda yakin bisa dan ingin bekerja selamanya?

Karenanya meski mempunyai income besar, Anda harus juga membagi uang tersebut untuk tabungan dan investasi. Jangan pernah habiskan honor hanya untuk hal-hal bersifat percuma ibarat hang out atau membeli baju/gadget terbaru padahal Anda tak membutuhkannya. Sebaliknya menabung dan berinvestasilah. Buatlah uang Anda berlipat ganda dengan cerdas memakai dan mencari sumber pemasukan tambahan.

Gunakan uang yang Anda punya untuk terus belajar
Kebanyakan orang sehabis bekerja merasa tidak punya waktu untuk menimba ilmu. Pergi pagi dan pulang sore serta mengerjakan kiprah seharian memang menciptakan Anda merasa sangat lelah. Anda tidak lagi merasa mempunyai waktu untuk menekuni sebuah bidang, termasuk juga dunia bisnis. Selain itu, tidak sedikit pula orang yang lebih suka memakai gajinya untuk membeli barang yang “habis pakai” ibarat perlengkapan elektronik baru, make up, parfum, dan lain sebagainya. Padahal jikalau Anda memang berencana untuk berbisnis, Anda harus mempelajari bidang tersebut sebaik-baiknya. Belilah buku-buku wacana bagaimana seseorang bisa sukses mengelola suatu bisnis.

Selain itu, Anda juga perlu mengikuti banyak sekali training wacana cara menjadi entrepreneur. Sewaktu dulu masih menjadi karyawan, Robert Kiyosaki selalu membaca banyak sekali buku wacana ekonomi, manajemen, dan bisnis untuk menambah pengetahuannya seputar dunia usaha. Dia juga rajin mengikuti banyak sekali training bisnis yang meski mahal tapi jikalau dibandingkan dengan ilmu yang didapat ia merasa memperoleh laba berlibat. Secara singkat Robert Kiyosaki menyarankan untuk membelanjakan uang untuk pengetahuan yang niscaya akan mempunyai kegunaan di kehidupan mendatang.

Pilihlah sahabat yang menciptakan Anda bertambah pengetahuannya
Menurut Robert Kiyosaki investasi tidak hanya berupa uang dan ilmu saja tetapi juga pertemanan. Secara sosial, seorang sahabat akan kuat pada cara berpikir yang Anda punya. Maka dari itu, jikalau Anda memang berencana menjadi pengusaha bertemanlah dengan mereka yang memang pengusaha. Gali dan curi ilmu yang mereka punya.

Dengarkan dongeng dan pengalaman dari teman-temanmu tersebut dan aplikasikan dalam perjuangan yang ingin kau rintis. Selain untuk kepentingan menerima ilmu, berteman dengan pengusaha terang akan memotivasimu untuk menjadi pengusaha juga. Jadikan orang-orang tersebut sebagai guru dan inspirator sebelum memasuki dunia bisnis. Katakan pada diri sendiri kalau suatu hari nanti kau akan menjadi ibarat mereka.

Tetapkan prioritas pengeluaran. Jangan pernah berhutang!
Apa yang pertama kali Anda lakukan ketika mendapatkan gaji? Membayar tagilah listrik, telepon, atau justru pergi ke mall dan berbelanja?

Jika balasan Anda ialah pilihan pertama maka itu sudah sesuai dengan cara kaya ala Robert Kiyosaki. Pebisnis sukses ini selalu menyarankan pada rekan dan pembaca bukunya untuk selalu menciptakan prioritas keuangan. Untuk itu prioritasmu kini ialah membayar seluruh pengeluaran tetap bulanan ibarat tagihan telepon, asuransi, uang sekolah anak, dan lain sebagainya.

Bisa juga bagi Anda yang menabung emas menambah investasi dengan membeli emas baru. Jika suatu ketika nanti Anda kekurangan uang, jangan memakai aset untuk menutupinya. Putarlah otak dan hasilkan uang lebih banyak. Cari kerja sampingan dan buatlah uang simpanan Anda tak berkurang melainkan justru bertambah jikalau bisa.

Temukan investasi yang paling menguntungkan
Berinvestasi ialah salah satu hal yang harus kau lakukan jikalau ingin mencapai kemapanan finansial. Namun bukan berarti semua investasi niscaya menjanjikan. Karenanya Robert Kiyosaki menyarankan Anda untuk berilmu menentukan investasi. Seandainya Anda ingin berinvestasi properti, belilah di tempat yang dipastikan akan berkembang.

Jangan membeli sebuah rumah atau tanah hanya alasannya murahnya saja. Perhitungkan pula apakah selama 5-10 tahun mendatang apa yang Anda beli akan mendatangkan keuntungan? Pelajari cara membaca ini dari banyak sekali buku wacana taktik berinvestasi. Anda juga bisa mengetahuinya dari program seminar para pebisnis yang kini banyak diselenggarakan.

Mencapai kemapanan finansial terang menjadi keinginan setiap orang. Akan tetapi tanpa adanya pengetahuan bagaimana mencapai hal tersebut, bukan tak mungkin harapan itu hanya berakhir jadi impian.