Motivasi

adalah proses yang menjelaskan intensitas Motivasi
Motivasi

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, danketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya yaitu intensitas, arah, dan ketekunan.

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abrahamp Maslow, teori X dan teori YDouglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi yaitu 'alasan' yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan mempunyai motivasi tinggi sanggup diartikan orang tersebut mempunyai alasan yang sangat berpengaruh untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan 'semangat', menyerupai pola dalam percakapan "saya ingin anak saya mempunyai motivasi yang tinggi". Statemen ini sanggup diartikan orang bau tanah tersebut menginginkan anaknya mempunyai semangat berguru yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.

Dalam kekerabatan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa ulet seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi.
Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa usang seseorang sanggup mempertahankan usahanya.