Investasi Reksadana

 maka jawaban yang akan sering Anda peroleh ialah investasi jenis reksadana Investasi Reksadana
Investasi Reksadana

Investasi apa yang cocok bagi pemula ?

Bila pertanyaan ini disampaikan, maka jawaban yang akan sering Anda peroleh ialah investasi jenis reksadana. Apa itu reksadana? Berdasarkan makna kata, “reksa” artinya pelindung dan “dana” artinya uang. Sementara, menurut UU Pasar Modal No 8 tahun 1995 pasal 1 ayat 27, reksadana ialah suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portpolio pengaruh oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam).

Setidaknya ada dua kelebihan reksadana, yaitu reksadana sanggup dijadikan investasi awal bagi investor newbie atau mereka yang kurang paham soal investasi. Maklumlah, reksadana mempunyai sifat deversifikasi risiko dan murah. Makara kemungkinan investor rugi habis-habisan tidak mengecewakan kecil. Keuntungan kedua ialah reksadana juga cocok untuk mereka yang tidak punya waktu untuk mengurus investasi. Dalam investasi reksadana ada manajer investasi yang bertugas mengelola dana tadi dan melaporkannya secara periodic kepada pihak pemodal.

Sekarang mari kita mengenal jenis reksadana. Ada dua jenis kelompok reksadana yaitu: reksadana terstruktur dan reksadana konvensional. Di Indonesia sendiri reksadana konvensional jauh lebih popular. Nah berikut beberapa reksadana konvensional yang ada di Indonesia:

1. Reksadana Pasar Uang

Dana biasa diinvestasikan di produk pasar uang yang balasannya rendah, contohnya lewat deposito dan obligasi (surat hutang) jangka pendek. Buat Anda yang berniat melaksanakan investasi jangka pendek, jenis reksadana ini cocok alasannya investasinya kurang dari setahun.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Lamanya investasi untuk reksadana jenis ini ialah 1-3 tahun dan biasanyanya dana diinvestasikan pada obligasi atau produk keuangan yang manfaatnya cukup stabil dan minim risiko.

3. Reksadana Saham

Reksadana jenis ini mempunyai risiko paling tinggi dibanding dua jenis reksadana di atas. Tetapi manfaatnya justru paling tinggi, alasannya pasar saham bersifat fluktuatif. Buat Anda yang bertipe risk-taker, ini sanggup jadi tantangan untuk Anda. Oh ya, alasannya balasannya tinggi, maka reksadana ini punya jangka waktu investasi yang cukup panjang, yaitu diatas lima tahun!

4. Reksadana Campuran

Dana diinvestasikan di banyak sekali jenis investasi baik yang balasannya rendah maupun tinggi yaitu obligasi, deposito dan saham. Lamanya investasi antara 3 hingga 5 tahunan.

Jangka Waktu Reksadana?


Jangka waktu investasi ini berafiliasi dengan pemilihan jenis reksadananya dan dana yang Anda miliki. Kalau Anda masih dalam tahap coba-coba, kenapa tidak menentukan reksadana pasar uang yang jangka waktunya pendek? Tetapi jika Anda memutuskan untuk menimbulkan reksadana sebagai jaminan hari renta atau pensiun, Anda sanggup menentukan reksadana saham yang jangkanya di atas lima tahun. Pikirkan matang-matang dikala menentukan jangka waktu reksadana. Jangan hingga gres investasi, eh Anda membutuhkan uang mendadak dan menarik investasi tadi. Bisa-bisa Anda rugi.

Pilih Manajer Investasi yang Tepat
Saat Anda memutuskan berinvestasi danareksa, maka Anda harus meyakini jika Manajer Investasi (MI) yang dipilih memang sanggup dipercaya dan handal “merawat” uang yang Anda investasikan. Anda sanggup melaksanakan pengecekan MI terbaik menurut nilai Asset Under Management (AUM) dan juga menurut track record yang sanggup ditemukan di mesin pencari google. Kalau masih belum yakin, disarankan untuk membuka website www.portalreksadana.com untuk info yang lebih dipercaya.

Pahami Produk Reksadana
Saat ini ada sekitar 800 produk reksadana yang dijual di Indonesia. Sebelum Anda memutuskan menentukan membeli produk reksadana yang mana, baiknya Anda membaca prospectus reksadana yang isinya fakta dan info material lainnya. Anda juga sanggup mengali info dari Fund Factscheet yang dikeluarkan sebulan sekali oleh manajer investasi (MI). Isinya soal kinerja bulanan dan ringkasan informasi, termasuk tujuan investasi dan lain-lain. Tidak jelas? Anda sanggup menghubungi manajer investasi atau mungkin beberapa sobat yang sudah duluan berinvestasi lewat reksadana.

Di mana Membeli Reksadana?

Terkadang masyarakat sudah punya minat untuk berinvestasi tapi belakangan kebingungan alasannya tidak tahu dimana sanggup mendapat saluran ke reksadana. Nah, jawabannya ialah reksadana sanggup diperoleh pada
Lembaga yang menerbitkan dan mengelola reksadana yaitu manajer investasi (MI).
Wakil distributor penjual reksadana (WAPERD) biasanya di bank-bank yang sudah mendapat izin untuk menjual reksadana.

Kedua penjual itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya Anda akan mendapat reksadana yang murah dan harga miring melalui MI, sementara lewat WAPERD, Anda sanggup mendapat produk reksadana yang lebih beragam.